Senin, 07 Januari 2013

Program Java

import java.util.Scanner;

public class Oop2 {
    public String name;
    public Integer number;
   
    public static  void main (String args []) {
        System.out.println("this program is guess number program");
        Scanner input = new Scanner(System.in);
       
        Integer number;
        String name;
        System.out.println("enter your name : ");
        name = input.next();
        System.out.println("enter your number : ");
        number = input.nextInt();
       
        if (number == 99)
            System.out.println("congraculation "+name+" your answer is correct");
        else if (number !=99)
            System.out.println("your answer is incorrect "+name);
       
    }

Keterangan :
import java.util.Scanner;

digunakan untuk meload library Scanner. Library ini memiliki fungsi salah satunya untuk fungsi menerima input dari user (input dari keyboard).

public class Oop2 {
menunjukkan nama dari program class tersebut.

public String name;
public Integer number;
merupakan properties (variabel yang dimiliki class) dari class Oop2, digunakan untuk mendeklarasikan variabel-variabel (beserta tipe datanya) yang dibutuhkan.untuk name memiliki tipe string karena berupa huruf, sedangkan number memiliki tipe integer karena berupa angka.

public static void main (String args []) {
merupakan  method (pekerjaan yang dapat dilakukan oleh sebuah class)

System.out.println ("this program is guess number program");

Perintah ini akan mencetak dan menampilkan baris tulisan “this program is guess number program” pada program.

Scanner input = new Scanner(System.in); 
Untuk menjalankan objek Scanner (input) dengan nama alias input.

Integer number;
String name;
System.out.println("enter your name : ");
name = input.next();
System.out.println("enter your number : ");
number = input.nextInt();

Tidak ada komentar:

Posting Komentar